Kamis, 20 Desember 2012

Anda Punya Penyakit Maag / Asam Lambung Coba deh Konsumsi Makan Berikut ini

Lebel kesehatan
Asam lambung bisa menyebabkan penyakit kronis, seperti asma, fibrosis paru atau kanker tenggorokan. Anda yang menderita penyakit ini mungkin perlu menghindari makanan terlalu pedas, buah dan sayuran yang mengandung asam, dan makanan lemak tinggi.

Untungnya, masih banyak makanan lezat lainnya yang aman bagi anda penderita asam lambung. Berikut dikutip dari SymptomFind.

1. Pilihlah daging tanpa lemak, seperti dada ayam tanpa kulit, daging sapi yang ramping, dan ikan. Anda lebih baik memilih makanan ringan ketimbang makanan pedas.

2. Buah dan sayuran yang tak terlalu banyak mengandung asam di antaranya apel, pisang, stroberi, kentang panggang, brokoli, kubis, kacang polong, kacang hijau, wortel, dan zucchini. Produk susu dan keju rendah lemak masih bisa anda konsumsi.

3. Biji-bijian khusus, seperti sereal gandum, outmeal, dan beras juga aman bagi penderita asam lambung.

Makanan-makanan tersebut tak hanya membuat anda lepas dari kondisi asam lambung, tapi tubuh anda juga memperoleh gizi cukup. Misalnya karbohidrat, protein, vitamin, dan nutrisi lainnya.

Makanan-makanan tersebut memberi manfaat kesehatan yang banyak. Termasuk di dalamnya membuat metabolisme tubuh lebih baik, sistem kekebalan tubuh kuat, dan kemampuan tubuh mencegah penyakit jantung dan kanker.

Bagi penderita asam lambung, refluks sering terjadi saat mereka berbaring untuk tidur. Untuk mencegah hal ini, pastikan anda untuk menyelesaikan makan malam anda minimal tiga jam sebelum tidur. Ini dilakukan agar tubuh punya cukup waktu untuk mencerna makanan.

Selain itu, makan makanan dalam potongan besar dalam posisi duduk juga bisa memicu refluks asam lambung. Sebab ini menciptakan tekanan di perut. Ada baiknya anda memotong kecil-kecil makanan anda sebelum menyantapnya.

Alangkah baiknya jika anda tak memaksakan makan dalam porsi banyak sekaligus. Makanalah dalam porsi kecil saja dan anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari. Perubahan gaya hidup ini dapat mencegah risiko lebih besar yang dapat ditimbulkan asam lambung. Ini juga merupakan gaya hidup sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me