Kamis, 20 Desember 2012

Inilah 4 Khasiat Utama Tauge Bagi Kesehatan Tubuh

kesehatan
Tauge merupakan jenis kecang-kacangan yang banyak dijadikan bahan makanan, seperti campuran gado-gado, soto, ketoprak, dan masakan tradisional lainnya. Bukan tanpa alasan tauge dijadikan sebagai bahan tambahan makanan, ternyata kacang-kacangan ini mempunyai manfaaat bagi kesehatan tubuh. Tauge dinilai mempunyai banyak khasiat, mulai dari mencegah penyakit kanker, hingga jantung. Berikut adalah empat khasiat utama tauge bagi kesehatan.

Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan toge. Hal ini disebabkan, saponin dalam toge akan menghancurkan lemak jahat LDL tanpa megganggu kandungan lemak yang baik HDL. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam toge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum kadar saponinnya naik 450 persen.

Mencegah Kanker
Proses menjadi toge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meinggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

Mencegah Osteoporosis
Estrogen alami yang terdapat dalam toge dapat berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping. Sehingga estrogen dalam toge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.

Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh
Saponin toge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, toge kaya akan zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me