Minggu, 16 Desember 2012

KIAT TETAP FRESH DI SA'AT STRES




Banyak orang memiliki metode yang tidak sehat untuk meredakan stres, karena metode tersebut melepaskan hormon kegembiraan bernama dopamin yang membantu kita merasa lebih baik untuk beberapa saat. Oleh karena itulah kita ketagihan makanan, obat, rokok, minuman keras, dan kebiasaan lain yang tidak menyehatkan.

Namun, tentu saja kebiasaan-kebiasaan tersebut tidaklah
menguntungkan kesehatan Anda. Penyakit jantung, impotensi, obesitas, dan kanker paru-paru bisa menyebabkan stres yang lebih berat.

Cobalah berjalan-jalan, berlari, atau mungkin bermeditasi untuk menjauhkan pikiran Anda dari masalah dengan cara yang menyehatkan. Jangan melewatkan waktu makan karena stres. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit sama pengaruhnya terhadap kekuatan otak dan memperparah stres Anda.

Berikut ini langkah sukses yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres Anda, seperti yang dijabarkan oleh Dr. Mehmet C Oz, MD, dalam buku Menjadi Remaja Sehat.

Manfaatkan saat “me time”

Luangkan waktu setiap pekan untuk aktivitas yang ingin Anda lakukan dan tidak karena terpaksa. Mungkin menggambar, membaca, main gitar, atau pergi jalan-jalan bisa membuat perasaan Anda lebih nyaman. Menikmati waktu adalah hal yang penting untuk mengatasi stres.

Kenali perasaan Anda

Kenali perasaan Anda dan putuskanlah apa yang Anda rasakan itu benar-benar stres, amarah, atau kebosanan? Percaya atau tidak, memikirkan perasaan Anda bisa membantu menurunkan tingkat stres.

Tetap jaga pola makan

Hindari kadar gula yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Keduanya bisa menurunkan tingkat energi dan menibgkatkan stres. Ingat, karbohidrat terurai menjadi gula sederhana sehingga Anda sebaiknya menghindari konsumsi karbohidrat yang berlebihan.
Upayakanlah untuk memelihara keseimbangan menu makan Anda. Pastikan untuk mengonsumsi protein dan lemak bersama karbohidrat, misalnya satu sendok mentega kacang bersama beberapa buah biskuit asin.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me