Kamis, 20 Desember 2012

Mau Lebih Sehat? Yuk, Bangun Lebih Pagi

kesehatan
Bagi sebagian orang bangun pagi merupakan hal yang sangat-sangat jarang dilakukan pada hari libur. Padahal sejumlah studi mengatakan bahwa bagun pagi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bangun pagi akan memberi kita kesempatan untuk menghirup udara yang masih sangat segar dengan tingkat polusi rendah. Selain itu, di pagi hari kualitas oksigen yang masih baik bisa mendorong daya kerja otak, mencegah kerusakan paru-paru, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Sinar matahari pada pagi hari juga sangat bermanfaat untuk menutrisi ulang. Jam terbaik untuk mendapatkan sinar matahari adalah sebelum jam 9 pagi, karena dianggap terbaik untuk memenuhi kecukupan kalsium dan vitamin D.

Peneliti Universitas Roehampton Inggris juga menarik kesimpulan, bahwa bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood menyenangkan, dan memiliki indeks massa tubuh ideal. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,” ujar Dr Joerg Huber yang merupakan seorang peneliti, dikutip Telegraph.

Bangun pagi mempengaruhi indeks massa tubuh yang terkait dengan kesempatan sarapan. Mereka yang bangun pagi cenderung memiliki waktu cukup untuk sarapan sehingga asupan makan lebih terkontrol.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me