Senin, 07 Januari 2013

Berendam Air Hangat dapat Menghalau Kesepian

Kesepian merupakan salah satu penyebab stress hingga depresi. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa kesepian adalah berendam dengan air hangat selama Anda mau. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Amerika Serikat menyatakan, bahwa berendam dengan air hangat bisa menghilangkan rasa depresi yang diakibatkan oleh rasa kesepian.

Penelitan tersebut dilakukan setelah para peneliti dari Universitas Yale, AS, melakukan studi terhadap 400 sukarelawan yang berusia antara 18 hingga 65 tahun. Mereka menyuruh ke-400 sukarelawan itu mencatat kebiasaan mandi mereka dan menulis apa yang mereka rasakan sebelum dan sesudah mandi.

Sebagai lanjutan dari studi itu, para ilmuwan kemudian menghitung kadar kesepian mereka setelah memberikan terapi air dingin dan hangat. Hasilnya, ilmuwan menemukan adanya hubungan antara kehangatan secara fisik dengan kehangatan secara sosial yang didapatkan lewat teman maupun keluarga.
“Pengalaman merasakah kehangatan secara fisik secara signifikan dapat mengurangi rasa kesepian,” kata kutipan dari studi yang telah dimuat dalam sebuah jurnal psikologi.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me