Jumat, 28 Desember 2012

Aneka Makanan yang Memiliki Efek Buruk pada System Pencernaan

Setelah tadi kita mengetahui beberapa makanan yang ramah terhadap lambung, sekarang kita lihat yuk makanan apa sih yang memiliki efek buruk pada sistem pencernaan ?

1. Makanan pedas
Makanan pedas bisa berdampak buruk bagi pencernaan karena dapat memicu gejala refluks asam bagi sebagian orang.

2. Kafein
Kafein memiliki efek yang sama dengan makanan pedas yaitu memicu refluks asam, karena dapat melemaskan katup pada kerongkongan. Hal ini dapat memungkinan makanan yang telah turun ke perut kembali naik ke kerongkongan. Meski konsumsi kopi baik untuk kesehatan, tetapi terlalu banyak minum kopi juga dapat menyebabkan sembelit.

3. Soda
Soda mengandung kafein serta asam yang juga dapat memicu refluks asam.

4. Makanan yang mengandung lemak jenuh
Makanan berlemak dapat menginduksi mulas dan diare karena kandungan lemak dalam makanan tidak dapat diserap dengan baik oleh usus. Untuk mengetahui apakah diet Anda mengandung terlalu banyak makanan berlemak, akan tampak pada tinja yang mengapung di toilet. Hal ini merupakan pertanda bahwa Anda mungkin harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

5. Alkohol
Alkohol juga dapat melemaskan katup kerongkongan, yang kemudian dapat memicu refluks asam. Para ahli juga menyatakan bahwa konsumsi alkohol dapat menyebabkan peradangan pada lambung.

6. Susu
Susu dapat menyebabkan kembung serta ketidaknyamanan pada perut, terutama bagi orang-orang yang intoleran terhadap laktosa.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me