Jumat, 28 Desember 2012

KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga)


Wahai para suami…
Mengapa Engkau berbuat zhalim (aniaya) kepada isterimu?
Dia yang telah melayanimu di meja makan dan di ranjang ?
Dia yang telah memberikan harta yang paling berharga berupa anak?
Dia yang menjaga harta dan kehormatanmu…
Dan dia yang akan merawatmu ketika engkau sakit
Dan dia yang akan menjagamu ketika engkau tua
Dialah teman sehidup dan sesudah matimu...


Wahai para suami…
Mengapa engkau mengajak tidur isterimu setelah engkau bentak dan pukul?
Mengapa engkau minta makan dan baju setelah engkau hina?
Mengapa engkau mengabaiakn hak-haknya setelah ijab qabul?
Bukankah seharusnya engkau melindungi dan menyayanginya seperti orang tuanya menyayanginya?


>>>Seorang manusia berbuat zhalim (aniaya) dengan orang yang tidak dikenalnya saja merupakan dosa besar, apalagi kepada isterimu, ibu anak-anakmu???

Perbuatan menganiaya orang lain, termasuk dosa besar yang telah dilarang oleh Allah. Allah berfirman dalam Al-Qur’an :

“Katakanlah : Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar (menganiaya).” (QS. 7 : 33)

Dalam ayat lain Allah berfirman : “Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran”. (QS. 16 : 90).



Bahkan dalam Al-Qur’an telah menjelaskan mengenai kedua golongan kaum mukminin yang satu sama lainnya saling berperang. Dan ternyata, salah satu golongan di antara mereka berbuat aniaya.

Allah telah berfirman : “Dan jika ada dua golongan dari orang-orang mukmin berperang maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari kedua golongan itu berbuat aniaya terhadap golongan yang lainnya maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga golongan itu kembali, kepada perintah Allah”. (QS. 49 : 9).


Wahai para suami...
Perhatikan ayat dan hadits berikut :

“Dan pergaulilah isteri-isterimu dengan cara yang ma'ruf. Maka seandainya kalian membenci mereka, karena boleh jadi ada sesuatu yang kalian tidak sukai dari mereka, sedangkan Allah menjadikan padanya banyak kebaikan.” (QS. An-Nisaa':19)

Dan ingatlah pula wasiat Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam-:
“Pergaulilah isteri-isteri dengan baik. Karena sesungguhnya mereka itu mitra hidup kalian”


Dari Abu Hurairah ra ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik diantara mereka akhlaqnya, dan yang paling baik diantara kamu sekalian adalah orang yang paling baik terhadap istri mereka”.[HR. Tirmidzi]

Sebaik-baik diantara kalian adalah orang yang paling baik terhadap istrinya, dan aku adalah orang yang paling baik diantara kalian terhadap istriku [HR. Ibnu Majah] )


Kasih sayang yang menjadikan adalah Allah dan KDRT yang menjadikan adalah hawa nafsu dan syaithan

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. "(QS. 30:21)

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me